Sunday 17 March 2013

MATERI III (CARA KERJA CD PLAYER)



MATERI III
CARA KERJA CD PLAYER

1.    Cara Kerja CD Player
CD Player sebuah perangkat elektronika yang mampu mengubah atau mengkonversikan data yang disimpan dalam alat penyimpanan (CD,DVD,Flashdisk) menjadi output yang berupa sinyal Audio dan Video. Cara kerja CD player tak ada bedanya dengan cara kerja DVD Player  karena keduanya memiliki komponen optik yang mampu menyorotkan sianr laser berwarna merah ke arah permukaan piringan, atau tepatnya ke permukaan layer dari suatu piringan CD maupun DVD.
Ada tiga komponen yang sangat mendasar dan paling diperhatikan untuk sebuah DVD player, seperti :
a)    Motor penggerak putaran piringan yang berfungsi untuk mengontrol setiap gerakan putar dengan tingkat akurasi yang sangat presisi. Motor ini sangat membantu proses pembacaan track yang memiliki putaran antara 200 sampai dengan 500RPM.
b)   Sebuah laser dan lensa yang menjadi perangkat utama dalam memfokuskan pembacaan data dari piringan menggunakan penembakan sistem laser, biasanya laser ini sangat kompatibel dengan jenis piringan CD. Jika CD bekerja pada laser dengan panjang gelombang 780 nanometer, sedangkan untuk DVD pada 635 atau 650 nanometer.
c)    Trek mekanik (tracking mechanism) yang merupakan perangkat bantu yang bertugas menggerakkan laser beam mengikuto gerak track beralur spiral dari setiap piringan. Sistem tracking ini mampu bergerak dengan resolusi tingkat mikron.

            Gambar 3.3 Diagram Blok Prinsip Kerja DVD Player
Di dalam DVD player terdapat komponen berbasis teknologi komputer yang dikemas dalam blok data berbentuk IC ( Integrated Circuit), dimana salah satunya mengarah ke modul DAC (Digital Analog Converter) yang memang berfungsi untuk menangani data audio dan video, atau bahkan langsung menuju ke komponen dengan format digital, seperti data video digital.
Prinsip kerja DVD Player yang paling fundamental terletak pada pemfokusan dari laser ketika melakukan pembacaan pit-pit di track karena titik kerjanya harus dapat terfokus pada setiap permukaan bidang pantil. Ini sangat menentukan terutama waktu menjalankan jenis piringan DVD yang memiliki double-layer, karena dalam satu muka terdapat dua lapis reflektor yang masing-masing memiliki jarak yang berbeda, sehingga titik fokusnya juga tidak sama. Untuk lapis pertama dibuat sebagai bidang reflektif semi-transparan, dimana laser juga harus mampu menembusnya ketika membaca data pada layer inti yang berada di lapis kedua.
Setiap sorotan laser akan langsung mengenai lapisan pemantul bahan polycarbonate dari piringan DVD kemudian dipantulkan kembali ke komponen opto-electronic yang bertugas mendeteksi setiap perubahan cahaya yang dipantulkan. Dari opto-electronic tersebut kemudian diterjemahkan menjadi kode-kode binary yang biasa disebut bit. Pekerjaan paling berat dalam sistem pembacaan dari piringan DVD adalah pada saat menjaga posisi sorotan laser yang harus tetap fokus ditengah-tengah jalur track data. Tugas ini dibebankan pada tracking system yang selalu bergerak kontinu dari tengah ke pinggair piringan, sehingga akan terjadi pergeseran laser dari arah dalam bergerak keluar secar linier. Kecepatan dari pembacaan datanya juga berlangsung konstan, ini dapat kita buktikan melalui gerakan motor spindle yang berputar semakin lambat seketika mata laser mulai menuju ke pinggir piringan DVD.
Gambar 3.4 Penambakkan Laser Pada Mesin DVD
Data yang telah dibaca oleh sinar laser ini adalah data-data (berupa bit-bit) digital. Dengan teknologi microcomputer yang telah dipasang pada CD player maka data-data digital ini akan diolah menjadi data yang bisa dimengerti dan selnjutnya data ini akan dikirimkan ke rangkaian elektronik yang disebut dengan DAC (Digital to Analog Converter). Keluaran dari DAC ini dapat berupa musik, atau film tergantung dari jenis data yang disimpan.

1.    Bagian-bagian CD Player
a.    Bagian power supply
Bagian catu daya atau yang lebih dikenal power supply adalah sebuah bagian pada VCD Player yang berfungsi sebagai penyedia atau pemasok tegangan listrik DC yang digunakan oleh semua perangkat kerja pada VCD player. Pada bagian ini terdapat beberapa komponen seperti transformator yang befungsi sebagai penurun tegangan listrik DC sebelum disearahkan dan terdapat komponen-komponen yang lainnya. Jadi secara umum prinsip kerja bagian ini adalah mengubah atau menyearahkan tegangan listrik AC menjadi DC sesuai yang dibutuhkan oleh masing-masing perangkat pada VCD player.
b.    Bagian mekanik
Bagian mekanik pada VCD player adalah satu buah sistem perangkat kerja yang berfungsi sebagai penggerak atau pengatur keluar masuknya dan berputarnya CD player. Pada bagian mekanik ini komponen utamanya adalah sebuah motor. Motor penggerak putaran piringan yang berfungsi untuk mengontrol setiap gerakan putar dengan tingkat akurasi yang sangat presisi. Motor ini sangat membantu proses pembacaan track yang memiliki putaran antara 200 sampai dengan 500 RPM.
Sistem kerja dari perangkat ini adalah sebagai :
a)    Terdapat sebuah laci yang berfungsi sebagai pengatur keluar masuknya CD player yang akan diputar.
b)   Terdapat gigi atau poros yang berfungsi sebagai tumpuan atau as penggerak laci CD
c)    Dan yang paling utama pada bagian ini tentunya motor penggerak dari semua proses kerja yang dilakukan oleh mekanik VCD player.
                  Gambar 3.5 Mekanik CD Player

c.Bagian Optik
Bagian optik dalam VCD player ini berfungsi sebagai pembaca data dari keping CD yang dimasukkan ke dalam VCD player. Pada bagian ini terdapat sebuah komponen pembuat sinar laser warna merah yang diarahkan pada keping CD yang dibaca. Sebuah laser dan lensa ini yang menjadi perangkat utama dalam memfokuskan pembacaan data dari piringan menggunakan penembakkan sistem laser, biasanya laser ini sangat kompatibel dengn jenis piringan CD. Kalau CD bekerja pada laser dengan panjang gelombang 780 nanometer, sedangkan untuk DVD pada 635 atau 650 nanometer.
Gambar 3.5 Optik CD Player
d.   Bagian MPEG
MPEG adalah bagian dari VCD player yang didalmnya terdapat banyak IC (intergrated circuit) yang masing-masing mempunyai prinsio kerja  yang berbeda. Seperti IC penguat Video, IC penguat Audio dan beberpa macam IC lainnya. Didalam MPEG juga terdapat komponen berbasis teknologi komputer yang dikemas dalam blok data berbentuk IC (Intergrated Circuit), dimana salah satunya mengarah ke modul DAC (Digital Analog Converter) yang memang berfungsi untuk menangani data audio dan video,atau bahkan langsung menuju ke komponen dengan format digital, seperti data video digital.
                                                    Gambar 3.6 Bagian MPEG CD player

3 comments: